Excel adalah program perangkat lunak dari Microsoft yang merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak produktivitas Microsoft Office yang dikembangkan oleh Microsoft. Excel awalnya bernama Odyssey selama pengembangan di Microsoft, dan dirilis pertama kali pada 30 September 1985.
Excel mampu membuat dan mengedit spreadsheet yang disimpan dengan ekstensi file .xls atau .xlsx. Penggunaan umum Excel mencakup perhitungan berbasis sel, tabel pivot, dan berbagai alat grafik. Misalnya, dengan spreadsheet Excel, Anda dapat membuat anggaran bulanan, melacak pengeluaran bisnis, atau mengurutkan dan mengatur sejumlah besar data.
Tidak seperti pengolah kata Microsoft Word, dokumen Excel terdiri dari kolom dan baris data, yang terdiri dari sel-sel individual. Setiap sel ini dapat berisi teks atau nilai numerik yang dapat dihitung menggunakan rumus.
Ketika membuat dokumen Microsoft Excel, terkadang Sobat membutuhkan data yang harus ditulis berulang kali seperti nama orang, nama barang, dan sebagainya. Hal ini tentunya akan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, untuk mempercepat dan mempermudah, Sobat sebaiknya menciptakan data-data otomatis yang siap pakai, sehingga pada saat dibutuhkan, Sobat tidak perlu menulis data berulang kali, tetapi tinggal memasukkannya.
Berikut merupakan cara membuat
data-data otomatis di microsoft excel :
2. Sobat akan melihat kotak dialog Excel Options dan pilih opsi Advanced.
3. Klik tombol Edit Custom List yang ada di bagian General.
4. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Custom List. Pilihlah opsi New List pada kolom Custom List dan masukkan data-data Sobat dalam kolom List entries. Misalnya data “Kursi, Meja, Buku, Lemari, Penggaris, Pulpen”.
5. Klik tombol Add untuk menambahkan data-data otomatis Sobat.
6. Setelah data-data masuk pada kolom Custom List tekanlah Tombol OK.
7. Selanjutnya Sobat akan dihadapkan kembali pada kotak dialog Excel Options opsi Advanced. Pilihlah tombol OK untuk mengakhirinya.
8. Lalu posisikan kursor Sobat pada sel di mana data-data otomatis yang Sobat buat tadi akan dimasukkan, misalnya di sel B2.
9. Kemudian tuliskan kata data pertama yang Sobat buat tadi yaitu “Kursi”.
10. Kalau sudah klik dan drag kotak kecil hijau yang ada di pojok kanan bawah sel B2 sampai ke sel B7.
11. Setelah itu data-data buatan Sobat tadi akan muncul pada sel B2:B7 secara otomatis.
Demikianlah Tutorial Cara Membuat Data-data Otomatis di Microsoft Excel.
Semoga bermanfaat untuk Sobat semua.