8FVrX4ovYyVFY0WEAYaJK4VIccS6fJGpBeRRjHAt

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Berdasarkan data yang kami peroleh dari Hootsuite, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 175,4 miliar dari 272,1 milliar penduduk Indonesia. Hal ini juga diikuti dengan bertambah pesatnya pengguna sosial media, penambahan pengguna sosial media pada tahun 2020 mencapai 160,0 milliar, 59% dari jumlah penduduk Indonesia. 

Diindonesia sendiri pengguna sosial media dapat kita kelompokan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok pertama dari usia 13 tahun sampai dengan 24 tahun sebanyak 43,6% pengguna, kelompok ke kedua dari usia 25 tahun sampai dengan 44 tahun sebanyak 47,9% pengguna dan kelompok ketiga dari usia 45 tahun sampai dengan 65 tahun keatas sebanyak 8,5 pengguna. 

Yang dulunya berkirim surat hanya bisa dilakukan melalui kantor pos, kini dengan adanya sosial media kita dabat berkirim surat kapan saja, dimana saja, dan kepada siapapun dengan mudah. 

Saat ini sosial media tidak hanya dapat untuk berkirim surat saja, tetapi saat ini sosial media lebih dari itu, kini dapat digunakan untuk berkirim foto, berkirim video, berkirim suara dan bahkan dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan. 

Sosial media tidak hanya digunakan oleh perorangan saja. Kini mulai dari instansi pemerintahan, instansi pendidikan, pelaku umkm, hingga perusahaan besar memenafaatkan sosial media untuk memperluas cakupan komunikasi dan memperluas promosi produk. 



10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia 

Kami akan membahas sosial media yang paling banyak digunakan diindonesia berdasarkan data yang kami peroleh dari Hootsuite. Apa saja media sosial yang banyak di gunakan diindonesia? Simak pembahasan kami berikut ini. 

1. Youtube

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Youtube merupakan salah satu sosial media berbagi video yang dibuat pada tahun 2005 oleh tiga mantan pegawai paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Pada tahun 2005 sampai tahun 2006 youtube masih berdiri sendiri, kemudian pada tahun 2006 bulan november youtube dibeli oleh google dengan nilai valuasi sebesar US$ 1,65 miliar. Karena sudah dibeli oleh google maka sekarang youtube resmi beroprasi sebagai anak perusahaan dari google.

Youtube memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video, kebanyakan video yang diunggah pada situs youtube berasal dari individu. Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite youtube sudah digunakan sebanyak 88% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Youtube masih bertahan diposisi 1, dimana pada tahun 2019 lalu youtube juga berada pada posisi ke 1. 


2. Whatsapp 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
WhatsApp merupakan sebuah aplikasi bertukar pesan yang memungkinkan kita dapat berkirim pesan tanpa biaya. WhatsApp tidak hanya dapat berkirim surat tetapi juga dapat melakukan panggilan suara, panggilan video (videocall), berkirim gambar, berkirim file dan masih banyak lagi. Anda dapat mengunduh whatsapp secara gratis di google play store dan app store.

Whatsapp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Setelah 5 tahun berdiri, pada tahun 2014 wahtsapp diakuisisi oleh facebook dengan nilai valuasi sebesar US$19 Miliar. Tidak seperti sekarang whatsapp dulunya membebankan biaya berlangganan setiap tahun kepada penggunanya sebesar US$1 atau Rp. 14.500.

Dua tahun setelah diakuisisi oleh facebook tepatnya pada tahun 2016 salah satu pendiri WhatsApp Jan Koum mengumumkan bahwa mereka tidak lagi membebankan biaya berlangganan tahunan kepada penggunanya alias gratis seperti apa yang anda gunakan saat ini.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite 

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite whatsapp digunakan sebanyak 84% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Whatsapp mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 1% yang sebelumnya pada tahun 2019 hanya digunakan 83% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Whatsapp masih bertahan diposisi 2, dimana pada tahun 2019 lalu whatsapp juga berada pada posisi ke 2. 


3. Facebook 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Facebook merupakan situs jejaring sosial yang didirikan oleh Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, Chris Hughes, dan Mark Zuckerberg yang sampi sekarang menjabat sebagai CEO facebook. Facebook berdiri pada tahun 2004, yang awal mulanya digunakan terbatas untuk mahasiswa yang kuliah di Harvard University saja, kemudian berkembang ke berbagai universitas lainnya.

Facebook mendapakan lebih dari satu milliar pengguna aktif pada tahun 2012. Untuk menggunakan facebook anda hanya perlu membuat sebuah akun dengan memasukan nama, email, jenis kelamin, dan password. Setelah mempunyai akun anda dapat membuat profil pribadi anda sendiri, menambahkan pengguna lain sebagai teman anda, dan membuat sebuah group untuk memudahkan anda berkomunikasi dengan orang lain hingga ratusan ribu pengguna.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite facebook digunakan sebanyak 82% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Orang yang sudah dijangkau oleh facebook mencapai 130.0 miliar orang. Facebook mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 1% yang sebelumnya pada tahun 2019 hanya digunakan 81% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Facebook masih bertahan diposisi 3, dimana pada tahun 2019 lalu facebook juga berada pada posisi ke 3.


4. Instagram

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Instagram merupakan sebuah sosial media berbagi foto dan video. Instragram didirikan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom, Mike Krieger. Nama Instagram sendiri diambil dari kata “instan” dan “telegram’, “Insta” yang di ambil dari kata “Instan” dan “Gram” diambil dari kata “Telegram” yang berarti mengirim informasi kepada orang lain dengan cepat.

Instagram tidak hanya dapat berbagi foto dan video saja, Instagram dibekali juga dengan berbagai fitur menarik lainnya yaitu seperti memberi filter atau efek pada foto dan video yang diunggah, dapat mengirimkan sebuah pesan sampai dapat membuat video story yang kini lebih dikenal dengan nama instastory.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite 

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite instagram digunakan sebanyak 79% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Orang yang sudah dijangkau oleh instagram mencapai 63.0 miliar orang. Instagram mengalami penurunan jumlah pengguna sebesar 1% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 80% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Instagram masih bertahan diposisi 4, dimana pada tahun 2019 lalu instagram juga berada pada posisi ke 4.


5. Twitter 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Twitter merupakan sosial media yang memungkinkan pengguna dapat mengirim dan membaca pesan yang jumlahnya dibatasi sampai 140 karakter, akan tetapi 140 karakter ini pada tahun 2017 dirubah menjadi 280 karakter yang dapat ditulis. Twitter didirikan pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams. Twitter mengalamai pertumbuhan sangat pesat dari pertama kali dibuat dengan mendapatkan 500 juta pengguna yang terdaftar di twitter, dimana diantaranya 302 juta merupakan pengguna aktif.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite 

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite twitter digunakan sebanyak 56% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Orang yang sudah dijangkau oleh twitter mencapai 10.65 miliar orang. Twitter mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 4% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 52% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Twitter mengalami peningkatan yang membuatnya berada diposisi 5, dimana pada tahun 2019 lalu twitter berada pada posisi ke 6.


6. Line 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Line merupakan salah satu aplikasi pengirim pesan gratis yang dapat digunakan diberbagai platform seperti PC, Tablet dan Smartphone. Line didirikan oleh NHN Corporation perusahaan jepang pada bulan Juni 2011. Line awalnya hanya dapat digunakan pada sistem operasi android dan iOS. Namun setelah mendapatkan banyak respon positif dari para pengguna. Pada tahun 2012 Line meluncurkan aplikasi terbarunya, selain dapat digunakan pada perangkat android dan iOS kini line juga bisa digunakan pada perangkat macOS dan Windows.

Line beroperasi menggunakan jaringan internet, sehigga pengguna line dapat mengirim pesan, mengirim gambar, mengirim video, mengirim pesan suara, mengeirim lokasi, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh line secara gratis. Tidak hanya itu line juga menghadirkan beragam sticker dan tema unik untuk membuat pengunnanya tidak cepat bosan dengan tampilan aplikasi line.

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite line digunakan sebanyak 50% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Line mengalami penurunan jumlah pengguna sebesar 9% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 59% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Line mengalami penurunan yang membuatnya sekarang berada diposisi 6, dimana pada tahun 2019 lalu line berada pada posisi ke 5.


7. LinkedIn 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
LinkedIn merupakan situs jejaring sosial atau sosial media yang berorientasi pada bisnis, biasanya linkedIn digunakan untuk jaringan professional. LinkedIn didirikan pada 5 mei 2003 di Mountain View, California, US oleh Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly, Jean-Luc Vaillant.

LinkedIn memungkinkan penggunanya (baik untuk pekerja maupun perusahaan) untuk membuat profil dan menjalani koneksi antara satu sama lainnya. Pengguna dapat mengundang siapa saja (baik anggota yang sudah memiliki akun atau yang belum memiliki akun) untuk menjalin koneksi.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite linkedIn digunakan sebanyak 35% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Orang yang sudah dijangkau oleh linkedIn mencapai 15.00 miliar orang. LinkedIn mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 2% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 33% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. LinkedIn mengalami peningkatan yang membuatnya berada diposisi 7, dimana pada tahun 2019 lalu linkedIn berada pada posisi ke 9.


8. Pinterest 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Pinterest merupakan sosial media berbagi gambar, yang memungkinkan penggunanaya untuk menyimpan dan menemukan file berupa gambar, gif dan video pendek. Pinterest dikembangkan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, and Evan Sharp pada bulan desember tahun 2009. Sampai tahun 2019 pinterest sudah digunakan oleh 300 juta pengguna aktif.

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite pinterest digunakan sebanyak 34% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Pinterest mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 5% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 29% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Pinterest mengalami peningkatan yang membuatnya berada diposisi 8, dimana pada tahun 2019 lalu pinterest berada pada posisi ke 10.


9. WeChat 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
WeChat merupakan salah satu aplikasi pesan suara dan teks yang dikembangkan pada tahun 2011 oleh perusahaan asal tiongkok yaitu Tencent. WeChat dapat digunakan diberbagai platform seperti PC dan Smartphone. Saat ini WeChat hadir diindonesia melalui kerjasama yang dilakukan oleh MNC Media, Indosat, IndosatM2, Panasonic Gobel Indonesia, Hillhouse Capital Inc, dan Tencent. Aplikasi WeChat tersedia di App Store untuk pengguna iOS, Google Play Store untuk pengguna Android, BlackBerry World untuk pengguna BlackBerry dan Marketplace untuk pengguna Windows Phone.

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite WeChat digunakan sebanyak 29% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. WeChat mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 1% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 28% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. WeChat mengalami peningkatan yang membuatnya berada diposisi 9, dimana pada tahun 2019 lalu WeChat berada pada posisi ke 12.


10. Snapchat 

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Snapchat merupakan aplikasi olah pesan multimedia yang diciptakan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown pada tahun 2011, kemudian dikembangkan oleh Snap Inc. Fitur utama yang dihadirkan oleh snapchat yaitu menampilkan pesan atau gambar dengan waktu yang singkat ketika sudah diakses oleh penerimanya. Pada bulan maret tahun 2020, snapchat memiliki 229 juta pengguna aktif. Rata-rata lebih dari 4 miliar Snaps dikirim setiap hari. Snapchat lebih dikenal populer dikalangan generasi muda, terutama mereka yang berusia 16 tahun.

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia
Sumber Gambar : Hootsuite

Pada tahun 2020 berdasarkan data dari Hootsuite snapchat digunakan sebanyak 28% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Orang yang sudah dijangkau oleh snapchat mencapai 5.40 miliar orang. Snapchat mengalami peningkatan jumlah pengguna sebesar 2% yang sebelumnya pada tahun 2019 digunakan 26% dari keseluruhan pengguna sosial media diindonesia. Snapchat mengalami peningkatan yang membuatnya berada diposisi 10, dimana pada tahun 2019 lalu snapchat berada pada posisi ke 13.

Itulah beberapa sosial media paling populer di Indonesia. Semoga bermanfaat untuk anda yang penasaran mengenai sosial media terpopuler diindonesia.
Related Posts

Related Posts